Arrazy
Kamis, 11 Juni 2009
AL QOLBU
1. Al qolbu (hati jantung) yg berupa segumpal daging yg berbentuk bulat memanjang seperti buah shanaubar, yang terletak di pinggir dada sebelah kiri, yaitu segumpal daging yg mempunyai tugas khusus yg didalamnya ada rongga2 yg mengangandung darah hitam sebagai sumber Ruh.
2. Al qolbu (hati)
Yaitu berupa sesuatu yg halus (latifah), bersifat ketuhanan (robbaniah) dan juga kerohanian yg ada hubungannya dngan hati jasmani.
Hati yg halus adalah hakekat manusia yg dpt menangkp segala rasa, mengetahui dan mengenal segala sesuatu.
Hati inilah yg akan disiksa, dicerca dan dituntut dan ia punya hubungan dngan hati jasmani. Karena eratnya hubungan antara hati jasmani dan hati rohani itu, shingga kebanyakan akal manusia menjadi bingung dalam mengetahui letak hubungannya. Hubungan kedua hati itu seperti halnya sifat jisim yg disifati, atw seperti benda yg di jadikan perkakas dngan perkakasnya atau seperti orang atau benda yg telah berurat, brakar pada suatu tempt dngan tempatnya.
3. Ruh
Yang berupa sesuatu yg halus yg ada pada manusia, yg dapat mengetahui segala sesuatu dan yg dapat menangkap segala pengertian.. Adapun Ruh adalah trmasuk urusan ketuhan yg menakjubkan, yg kebanyakan akal dan faham manusia tidak sanggup mengetahui hakekatnya.. Dan itulah yg dikehandaki Allah dngan firmanya..
"katakanlah! Bahwa ruh itu trmasuk urusan Tuhanku" (al Isro'85)..to be cont..
posted by Affa Rujail Majdzub @ 02.10  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
About Me

Name: Affa Rujail Majdzub
Home: Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia
About Me: Menitih hidup penuh kedamaian dan ketenangan. " urip berkah lan mbarokahi "
Profile lengkapku
Previous Post
Archives
Sidebar Section

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.

Sponsor

ads here!

Links

BLOGGER